body{display:block; -khtml-user-select:none; -webkit-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; -o-user-select:none; user-select:none; unselectable:on;}

Sabtu, 09 Mei 2015

Rangkuram Materi Sejarah Kerajaan-Kerajaan Hindhu-Budha di Indonesia



Rangkuram Materi Sejarah Kerajaan-Kerajaan Hindhu-Budha di Indonesia

1.     Kerajaan Kutai (bercorak Hindhu)
a.    Letak : Tepi Sungai Mahakam
b.    Sumber sejarah : Tujuh tiang batu (yupa)
c.    Kehidupan politik :
Diperintah oleh Raja Kudungga (pendiri), Raja Aswawarman dan Raja Mulawarman (mencapai puncak kejayaan)
d.    Kehidupan sosial :
Kerajaan Kutai dipengaruhi oleh kebudayaan Hindhu. Masyarakatnya telah mendirikan kerajaan yang teratur dan rapi menurut pola pemerintahan India. Kehidupan budayanya telah mengenal huruf pallawa dengan bahasa sanskerta.
e.    Kehidupan ekonomi : perdagangan

2.    Kerajaan Tarumanegara (bercorak Hindhu)
a.    Letak : Daerah Bogor, Jawa Barat
b.    Sumber sejarah : prasasti ciaruteun, prasasti kebon kopi, prasasti pasir awi, prasasti jambu, dan prasasti muara cianten.
c.    Kehidupan politik :
Diperintah oleh Raja Purnawarman (mencapai puncak kejayaan)
d.    Kehidupan sosial :
Kehidupan politik Tarumanegara sudah teratur dan rapi, hal ini terlihat dari upaya Raja Purnawarman untuk meningkatkan kesejahteraan rakyatnya. Raja Purnawarman juga sangat memperhatikan kedudukan Kaum Brahmana yang dianggap penting dalam melaksanakan setiap upacara korban. Kehidupan budayanya sudah tinggi karena sudah mengenal tulisan pallawa dalam bahasa sanskerta.  
e.    Kehidupan ekonomi :
Pertanian 

3.    Kerajaan Sriwijaya (bercorak Budha)
a.    Letak : Tepi Sungai Musi
b.    Sumber sejarah : prasasti kedukan bukit, prasasti talang tuo, prasasti telaga batu, prasasti telaga batu, prasasti karang berahi, prasasti kota kapur, prasasti pesamah, prasasti ligor, prasasti kanton, prasasti nalanda dan berita dari China.
c.    Kehidupan politik : diperintah oleh Balaputra Dewa. Pada masa ini Sriwijaya mencapai puncak kejayaan. Ia melakukan politik ekspansi untuk menguasai kerajaan-kerajaan sekitar. Wilayah Sriwijaya sangat luas, hampir seluruh nusantara bahkan juga berhasi menguasai Thailand dan Kamboja. Kerajaan ini disebut Negara Nasional Indonesia pertama.
d.    Kehidupan sosial :
kerajaan Sriwijaya dalam bidang pendidikan sangat pesat sehingga menjadi pusat penyebaran agama Budha di Asia Tenggara. Kehidupan budayanya sangat maju karena banyak terdapat peninggalan-peninggalan budaya berupa prasasti baik dari dalam maupun luar negeri.
e.    Kehidupan ekonomi : perdagangan.

4.    Kerajaan Mataram Kuno (bercorak Hindhu-Budha)  
a.    Letak : Bhumi Mataram, Jawa Tengah
b.    Sumber Sejarah : Prasasti Canggal dan Belitung
c.    Kehidupan Politik : diperintah oleh Raja Sanjaya, Rakai Pikatan, Rakai Kayuwangi, Rakai Watuhumalang, Balitung, Daksa, Tulodhing, Wawa, Indra dan Samaratungga.
d.    Kehidupan sosial :
Kehidupan sosial kerajaan Mataram Kuno sudah cukup luas dengan dilakukannya perdagangan dengan kerajaan lain, bahkan sampai ke luar negeri.
Kehidupan budayanya mayoritas menganut agama hindhu dan budha mahayana. Berkembang cerita Ramayana dan Mahabharata yang ditulis dalam huruf kawi.
e.    Kehidupan ekonomi : perdagangan dan pertanian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar